Sundawangi

Blog Info Seputar Kita, Blog na Balarea

Seni Sarat Sejarah (sisingaan Subang)



Kesenian Sisingaan

   Sisingaan Kesenian asli Subang,sebuah kesenian yang kental eratannya dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sisingaan (Lion) dilambangkan simbol Penjajahan Feodalisme Kolonial Belanda. Para pemikul/Penari digambarkan sebagai Masyarakat Indonesia Pada saat itu, yang sedang memikul berat perjuangan melawan Belanda. Sedangkan yang naik sisingaan biasanya anak-anak yang diumpamakan sebagai anak penerus bangsa yang meski orang tuanya terjajah belanda mereka bisa Lebih tinggi di atas Sisingaan (Belanda) 

   Keterangan lain dikaitkan dengan semangat menampilkan jenis kesenian di Anjungan Jawa Barat sekitar tahun 70-an, ketika Bupati Subang dipegang oleh Pak Atju. Pada waktu itu RAF (Rachmatulah Ading Affandi) yang juga tengah berdinas di Subang, karena ia dikenal sebagai seniman dan budayawan dimintakan kitanya. Dalam prosesnya itu, akhirnya ditampilkanlah Gotong Singa atau Sisingaan yang dalam bentuknya masih sederhana, termasuk musik pengiringnya dan kostum penari pengusung Sisingaan. Ternyata sambutannya sangat luar biasa, sejak itu Sisingaan menjadi dikenal masyarakat.

   Dalam perkembangan bentuknya Sisingaan, dari bentuk Singa Kembar yang sederhana, semakin lama disempurnakan, baik bahan maupun rupanya, semakin gagah dan menarik. Demikian juga para pengusung Sisingaan, kostumnya semakin dibuat glamour dengan warna-warna kontras dan menyolok.. Demikian pula dengan penataan gerak tarinya dari hari ke hari semakin ditata dan disempurnakan. Juga musik pengiringnya, sudah ditambahkan dengan berbagai perkusi lain, seperti bedug, genjring dll. Begitu juga dengan lagu-lagunya, lagu-lagu dangdut popular sekarang menjadi dominan. Dalam beberapa festival Helaran Sisingaan selalu menjadi unggulan, masyarakat semakin menyukainya, karena itu perkembangannya sangat pesat.

   Dewasa ini, di Subang saja diperkirakan ada 200 grup lebih  Sisingaan yang tersebar di setiap desa, oleh karena itu Festival Sisingaan Kabupaten Subang yang diselenggarakan setiap tahunnya, merupakan jawaban konkrit dari antusiasme masyarakat Subang. Karena bagi pemenang, diberi peluang mengisi acara di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Penyebaran Sisingaan sangat cepat, dibeberapa daerah di luar Subang, seperti Sumedang, Kabupaten Bandung, Purwakarta, dll, Sisingaan menjadi salah satu jenis pertunjukan rakyat yang disukai, terutama dalam acara-acara khitanan dan perkawinan. Sebagai seni helaran yang unggul, Sisingaan dikemas sedemikian rupa dengan penambahan pelbagai atraksi, misalnya yang paling menonjol adalah Jajangkungan dengan tampilan manusia-manusia yang tinggi menjangkau langit, sekitar 3-4 meter, serta ditambahkan dengan bunyibunyian petasan yang dipasang dalam bentuk sebuah senapan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Social Icons

Jadwal Imsakiyah

pengunjung

Trafic

Read more: http://rudicyber4rtcrew.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-widget-social-media.html#ixzz2STdru0vb